Selasa, 26 Februari 2019

Strategi dan Formasi dalam Futsal yang Dapat Digunakan dalam Latihan

Hasil gambar untuk teknik dan formasi futsal

Ditulis Oleh : Deyahya, 26 Februari 2019

Olahraga futsal memang ialah salah satu olahraga yang menyenangkan. Jika Anda hendak mahir dalam bermain futsal maka Anda mesti menyimak dan memahami bagaimana sebenarnya susunan dan strategi dalam olahraga futsal. Dalam mengerjakan olahraga ini, Anda mesti menyimak bagaimana kiat dari futsal tersebut sendiri dan aktivitasnya mesti dilaksanakan secara rutin supaya bertambah mahir. Hal ini disebabkan olahraga futsal memerlukan skill dan empiris atau jam terbang pemain yang banyak.

Teknik yang dipakai untuk bermain futsal tak berbeda dengan bermain sepak bola. Namun pasti saja memiliki sejumlah perbedaaan. Beberapa perbedaan tersebut ialah ukuran lapangan yang lebih kecil dan lantainya yang lebih keras dari olahraga sepak bola. Faktor jasmani dan stamina dari pemain futsal juga diperlukan dan diutamakan. Karena lapangannya yang kecil maka pemain futsal dituntut guna dapat mengerjakan gerakan yang lebih lincah. Berikut ini ialah 10 susunan dan strategi dalam futsal yang dapat dipakai oleh pemain guna mendapatkan hasil permainan yang maksimal.

1. Formasi 1-1-2

Pola penyerangan dalam olahraga futsal dengan susunan 1-1-2 paling umum sekali dipakai dalam olahraga futsal tersebut sendiri. Formasi ini tidak jarang sekali dipakai karena teknik ini paling efektif pada ketika terjadi serangan balik terhadap pertahanan lawan. Ada 2 pemain yang sedang di depan memiliki faedah sebagai sayap penyerangan, sementara 1 pemain di belakang serta 2 pemain yang di depan tadi pada posisi tengah ialah sebagai target bayangan. Sedangkan 1 pemain yang lainnya berada pada posisi bertahan di sangat belakang sebagai kunci atau komando saat akan mengerjakan penyerangan.

2. Formasi 2-2

Selain digunakan untuk susunan pertahanan, susunan 2-2 pada olahraga futsal ini pun dapat dipakai sebagai susunan penyerangan. Memang dalam mengerjakan strategi ini diperlukan karakterisitik tertentu supaya bisa merealisasikan pola susunan pertahanan atau 2-2 dengan baik sebagai susunan menyerang, di mana 2 pemain depan dituntut guna memiliki kemahiran dan kecepatan yang baik serta shooting ke gawang yang akurat. Formasi 2-2 ini bakal lebih efektif bilamana para pemainnya memiliki keunggulan ketika mengerjakan duel satu lawan satu dengan pemain dari kesebelasan lawan. Kelemahan dari susunan ini dalam penyerangan seringkali dukungan antar lini depan, tengah dan belakang terasa kurang sebab skil antar pemain yang mempunyai perbedaan. Selain tersebut saat pemain lawan mengerjakan tekanan dan pertahanan yang paling ketat urusan ini akan riskan dan bisa menyulitkan tim. Untuk merealisasikan setiap susunan yang akan dipakai dalam kompetisi futsal pastinya tiap kesebelasan maupun dari pelatih mempunyai pertimbangan dan perhitungan tersendiri supaya menemukan strategi dan susunan terbaik yang cocok dengan kemahiran dan karakter pemain setiap dalam menghadapi gaya permainan kesebelasan lawan.

3. Formasi 3-0-1 (The Wall)

ini ialah formasi dengan teknik bertahan yang sarat yang dipakai suatu tim. Dalam susunan ini terdapat tiga pemain bertahan dan satu saja pemain penyerang. Biasanya susunan The Wall atau 3-0-1 ini dipakai suatu kesebelasan pada masa-masa akhir pertandingan dalam situasi menang namun skornya tipis. Sementara satu pemain penyerang melulu bertugas guna merebut bola yang terdapat dipertahanan lawan dan mengerjakan serangan sendiri ke depan atau ke pertahanan dari lawan.

4. Formasi 2-1-1 (The Counter)

Hampir seluruh pelatih dari olahraga futsal tidak jarang menggunakan susunan 2-1-1 atau yang dinamakan juga susunan The Counter ini. Formasi dengan dua pemain bertahan dan satu pemain tengah serta satu pemain depan ini dirasakan lebih efektif dan tepat guna dalam mengerjakan pertahanan dengan mengandalkan serangan balik. Tips berhasil dari susunan ini terletak pada pemain tengah yang menata alur jalannya bola dari posisi belakang bertahan ke posisi depan menyerang. Namun, susunan ini pun harus didukung oleh kecepatan dan skill dari semua pemain dalam mengerjakan serangan balik supaya dapat menjebol perthanan lawan dan menghasilkan poin.

5. Strategi Melebar

Strategi ini bakal menjadi lebih akurat, tepat guna dan pun efektif bila diterapkan pada fromasi square atau susunan futsal 2-0-2. Dengan susunan square tersebut masing-masing pemain dapat melebar ke dalam posisi empat sudut lapangan. Keuntungan dari menggunakan susunan square ini ialah para pemain bisa memainkan bola secara bebas dan leluasa dengan memanfaatkan lebar lapangan dari empat titik sudut lapangan yang ada. Saat pemain yang sedang di posisi depan telah ada di wilayah pertahanan lawan, maka pemain belakang atau pemain bertahan bisa masuk ke posisi depan dan menolong untuk mengerjakan penyerangan ke kesebelasan lawan. Kelemahan dari strategi ini ialah pemotongan operan yang dilaksanakan pemain belakang ke pemain depan. Dengan begitu, pemain lawan bakal lebih mudah mengerjakan serangan balik sebab posisi belakang tidak cukup terjaga oleh pemain bertahan.

6. Strategi Total Football

Strategi ini pada tadinya digunakan pada olahraga sepakbola yang dilahirkan di Eropa, tepatnya di Negara Belanda pada era Johan Cruyff. Tetapi, strategi ini lantas juga dipakai pada olahraga futsal. Dalam futsal, strategi Total Football dipakai untuk menggali gol dan mengerjakan penyerangan. Strategi ini seringkali juga disebut Power Play . Strategi powerplay ini ialah strategi di mana penjaga gawang pun dapat berperan dalam mengerjakan penyerangan.

7. Strategi Tiki Taka

Strategi tiki taka ini dipakai dengan tertata dan rapi. Hal yang perlu diacuhkan dari strategi tiki taka ini terletak dari pergerakan pemain serta operan yang akurat dan tepat sasaran. Strategi ini tidak jarang kali dilaksanakan untuk memancing permainan lawan supaya lawan tersebut terbit dari wilayah atau lokasi pertahanannya sampai-sampai lawan bisa terkecoh dan pertahanannya bisa teracak-acak.

8. Strategi Negative Football

Strategi ini kerap dipakai pada kesebelasan yang telah dalam situasi menang. 3-0-1 atau strategi negatif football menjadi susunan yang sering dipakai dalam strategi ini. Pada strategi ini pemanin futsal memiliki kemerdekaan untuk memakai strategi apa juga dalam destinasi untuk menjaga skor dan meraih kemenangan, walau kekurangannya strategi itu terlihat membosankan.

9. Strategi Rotasi Pemain

Pada permainan futsal maksud dari rotasi ialah suatu pergerakan yang dilaksanakan oleh semua pemain futsal dengan beralih atau bertukar lokasi antar pemain satu dan pemain lainnya serta saling memenuhi posisi antara pemain satu dengan yang lainnya. Tujuan utama dari gerakan rotasi pemain ini ialah membuka ruang supaya menemukan celah kosong yang bisa dimanfaatkan kesebelasan untuk membina serangan dan menerobos ke wilayah pertahanan lawan. Untuk dapat melakukan rotasi ini dengan baik dan benar maka sangat diperlukan komunikasi dan kekompakan antar pemain lini depan tengah dan belakang. Ketika kekompakan terbentuk maka suatu tim bakal dapat membuat serangan yang variatif dan serangan yang efektif.

10. Strategi Bermain Satu Dua Sentuhan (One Two)

Istilah one two atau satu dua tidak melulu ada di olahraga sepak bola saja namun pun ada dalam olahraga permainan futsal. Bermain satu dua sentuhan atau one two ini dilaksanakan antar pemain dengan satu kali sentuhan dan lantas bola bakal diumpankan berpulang pada pemain lain. Selepas pemain kesatu mengerjakan pengoperan untuk temannya ia mesti berlari ke ruang kosong yang tidak terdapat lawan guna siap menerima pulang umpan dari temannya tersebut andai bola diserahkan lagi kepadanya.

Taktik bermain satu dua sentuhan atau one two ini memiliki keanehan tersendiri dalam permainan bola. Bermain satu dua sentuhan ini bisa menghasilkan serangan yang efektif, variatif dan atraktif. Supaya permainan one two ini dapat berjalan dengan baik maka umpan bola yang diserahkan harus cepat. Sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan saling memahami satu sama beda antar pemain supaya dapat mengobrak-abrik pertahanan lawan dan membuat gol.

Demikianlah tulisan mengenai 10 susunan dan strategi dalam futsal yang dapat dipakai oleh pemain guna mendapatkan hasil permainan yang maksimal. Semoga berfungsi dan salam olahraga!

2 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus