Senin, 05 Agustus 2019

Konsumsi 10 Makanan Ini Sebelum Olahraga agar Penuh Energi


Ditulis oleh : Deyahya, 5 agustus 2019
   
KETIKA Anda berolahraga, asupan makanan harus tetap terjaga supaya energi yang telah hilang dapat cepat tergantikan. Salah satu nutrisi yang bisa Anda konsumsi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakann sumber energi yang paling penting untuk tubuh.
Sebelum berolahraga, Anda juga wajib untuk mengonsumsi beberapa makanan karena jika Anda melewatkannya maka yang akan terjadi adalah gula darah menjadi rendah. Melatih diri dengan berolahraga membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Nah, untuk mendapatkan jumlah energi dan nutrisi yang tepat selama latihan, Anda perlu mengetahui 10 makanan sehat ini sebelum berolahraga. Dikutip dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum berolahraga.

1. Pisang
Pisang sangat bagus dalam penyedia karbohidrat sebagai bahan bakar yang bisa digunakan untuk berolahraga. Pisang mengandung potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf. Memakan pisang sebelum berolahraga membuat tubuh Anda mendapat asupan protein penting guna membangun dan memperbaiki otot.

2. Oats
Oats dikemas dengan serat yang dapat memfasilitasi pelepasan karbohidrat dengan stabil sehingga memberi Anda energi selama latihan. Oats juga mengandung vitamin yang berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

3. Smoothie Buah
Mengonsumsi smoothie buah dapat menjadi makanan ringan pra latihan yang bisa membantu tubuh mendapatkan energi cukup karena mengandung protein berkualitas tinggi. Smoothie buah mudah dicerna dan memiliki kombinasi karbohidrat sederhana.

4. Roti Gandum
Roti gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat bagus jika dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Anda juga bisa menambahkan beberapa topping di atasnya, seperti selai dan madu.

5. Putih Telur
Mengonsumsi lemak dan kuning telur dapat menyebabkan kembung dan lesu saat berolahraga. Untuk itu, sebelum Anda melakukan olahraga lebih dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur karena putih telur tidak mengandung lemak dan dapat memberi Anda 4 gram protein.

6. Buah kering
Buah kering juga merupakan pilihan yang dapat Anda makan sebelum melakukan aktivitas fisik. Buah kering mengandung karbohidrat sederhana yang dapat memberikan Anda energi instans. Buah yang bisa Anda keringkan adalah aprikot, buah beri, dan nanas.

7. Dada Ayam
Sebelum berolahraga, dada ayam sangat cocok Anda konsumsi sebagai sumber energi yang cocok. Anda bisa memanggang atau menambahkannya pada salad. Dada ayam memiliki protein tinggi sehingga sangat bagus jika dimakan sebelum berolahraga.

8. Alpukat
Alpukat memiliki kadar asam oleat tinggi yang dapat membantu memperbaiki sel. Jika Anda mengonsumsi alpukat sebelum berolahraga, akan mengurangi peradangan di tubuh. Lemak serat yang tinggi juga akan membuat Anda tidak merasa lapar saat berolahraga.

9. Buah dan Yogurt
Kombinasi buah dan yogurt bisa menjadikan bahan bakar yang tepat sebelum berolahraga. Karbohidrat dari buah dan juga protein dari yogurt dapat sangat berguna untuk mencegah kerusakan otot.

10. Salmon dan Ubi Jalar
Salmon memiliki peptide bioaktif dan molekul protein yang berperan dalam membantu pengurangan pada radang. Salmon dan ubi jalar juga membantu tubuh dalam mengatur kadar insulin dan melindungi persendian saat berolahraga. Di sisi lain, kandungan karbohidrat komplek pada ubi jalar dapat membantu mengembalikan kadar glikogen dalam tubuh.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    BalasHapus