Selasa, 05 Maret 2019

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia Secara Singkat dan Lengkap!


Sejarah sepak bola dunia

Sejarah sepak bola dunia

SUMBER : Pendidikan Jasmani dan Rohani
Ditulis Oleh : Deyahya, Selasa 05 Maret 2019

SEJARAH SEPAK BOLA – Permainan sepak bola ialah salah satu dari beragam cabang olahraga cabang olahraga yang populer di dunia. Permainan ini memakai bola (umumnya berbahan kulit) dan dimainkan oleh 2 kesebelasan yang setiap dari kesebelasan terdiri dari 11 orang pemain inti, dan sejumlah orang yang bertugas sebagai pemain cadangan.

Pada mula abad ke-21, permainan sepak bola telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang dari 200 negara di semua dunia. Hal ini lah yang kesudahannya mennjadikan permainan sepak bola sebagai cabang olahraga terpopuler di dunia sampai ketika ini.

Dalam permainan sepak bola, masing-masing tim bertujuan guna mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan.

Permainan sepak bola dapat dimainkan di lapangan tersingkap yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput sintetis, maupun rumput asli.

Pada umumnya, yang berhak guna menyentuh bola dengan lengan atau tangan hanyalah seorang kiper atau penjaga gawang. Ini juga hanya dapat dilakukan andai bola sedang berada di wilayah gawangnya.

Sedangkan 10 orang pemain lainnya, diizinkan untuk memakai semua anggota badannya, kecuali tangan. Biasanya dengan kepala guna menyundul bola, dada guna mengontrol bola, dan pastinya kaki guna menendang bola.

Tim yang sukses menciptakan gol terbanyak di akhir pertandingan, menjadi pemenangnya. Tapi, bila waktu permainan selesai dengan hasil skor sama, maka dapat dilakukan undian, memperpanjang waktu, atau adu penalti. Tergantung bentuk dari penyelenggaraan kejuaraan.

Dalam pertandingan resmi, kesebelasan pemenang diserahkan 3 poin, dan kesebelasan yang kalah menemukan 0 poin. Kalau kedua kesebelasan bermain imbang, maka setiap tim menemukan 1 poin.

Walaupun begitu, pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu bila terjadi skandal atau perbuatan kriminal yang di lantas hari terbukti.

Apabila dalam sebuah laga sepak bola di antara tim sengaja guna mengundurkan diri dari sebuah pertandingan, atau yang dinamakan dengan walk out, maka kesebelasan lawannya bisa memenangkan pertandingan secara otomatis dengan poin 3-0.

Secara umum, ketentuan pertandingan diperbaharui masing-masing tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang pun menjadi pelaksana Piala Dunia di masing-masing 4 tahun sekali.

Dalam tulisan ini, saya akan mengisahkan tentang sejarah permainan sepak bola, mulai dari dibuat sampai menjadi permainan kesayangan di Indonesia.

Di sini, saya bakal menyebutkannya dalam 2 versi, yakni sejarah sepak bola secara singkat, dan sejarah sepak bola menyeluruh yang bakal dirincikan dengan detail.

Sejarah singkat sepak bola mungkin dapat membantu anda untuk memahami garis besar dari sejarah persepakbolaan tetapi malas untuk menyimak terlalu banyak. Sedangkan sejarah sepak bola secara menyeluruh akan bermanfaat kalau kamu hendak mengetahui sejarah permainan sepak bola secara mendetail.

Baiklah, ayo langsung saja anda masuk ke pelajaran sepak bola yang sudah anda tunggu-tunggu tentang sejarah sepak bola dunia dan Indonesia secara singkat dan lengkap.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah Singkat Sepak Bola di Dunia

Sejarah singkat sepak bola di dunia

Sejarah permainan sepak bola dibuka di Tiongkok dari abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi.

Di masa Dinasti Han tersebut, semua warga memainkan permainan ini dengan teknik menggiring bola yang tercipta dari kulit ke jaring kecil dengan teknik menendangnya.

Permainan yang serupa dengan ini pun dimainkan di Jepang dengan nama Kemari. Di samping itu, di Italia, permainan menggiring dan menendang bola pun disenangi oleh masyarakatnya, terutama semenjak abad ke-16.

Sejak ditetapkannya peraturan-peraturan dasar di Inggris, permainan sepak bola canggih mulai berkembang dan menjadi begitu disukai oleh sekian banyak  kalangan.

Dalam sejumlah pertandingan, permainan sepak bola memunculkan banyaknya terjadi kekerasan selama persaingan berlangsung, sampai-sampai akhirnya pada tahun 1365 Raja Edward III menyimpulkan untuk tidak mengizinkan permainan sepak bola dimainkan. Hal ini pun mendapat sokongan dari Raja James I dari Skotlandia.

Di tahun 1815, terjadilah suatu perrkembangan yang berar, sehingga mengakibatkan permainan sepak bola menjadi olahraga yang familiar di lingkungan sekolah dan universitas.

Kelahiran dari sepak bola canggih terjadi pada tahun 1863 di Freemasons Tavern ketika sekolah dan klub berkumpul dan menciptakan rumusan ketentuan baku guna diterapkan dalam permainan sepak bola.

Bersamaan dengan urusan tersebut, terjadilah pemisahan yang jelas antara sepak bola (soccer) dengan olahraga rugby.

Pada tahun 1869, memakai tangan untuk membawa bola mulai tidak diizinkan dalam permainan sepak bola.

Selama tahun 1800-an, olahraga sepak bola itu disebarkan oleh semua pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke sekian banyak  belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia, yakni FIFA disusun dan di mula tahun 1900-an, sekian banyak  pertandingan diadakan di sekian banyak  negara.

Sejarah Sepak Bola di Dunia Lengkap

Sejarah sepak bola di dunia lengkap

Berdasarkan keterangan dari sejarah sepak bola yang pernah ditelusuri, bahwa permainan ini dibuka dari kemajuan kuno Romawi, Cina, dan Yunani. Permainan sepak bola ini dimainkan dengan teknik menggiring bola mengarah ke suatu sasaran oleh pemainnya.

Di abad pertengahan, permainan sepak bola kemudian dimainkan dengan pemain yang jumlahnya tidak terbatas. Bola yang dipakai di dalam permainan tersebut tercipta dari bahan kulit binatang, atau pun menggunakan usus-nya.

Pada abad ke-20, olahraga ini kemudian mulai punya aturan-aturan yang diresmikan guna dapat membuat permainan yang bisa dinikmati oleh masyarakat di semua dunia.

Nah, apakah anda tahu bahwa dalam sejarah sepak bola, terdapat pertumbuhan permainan sepak bola yang dialami sekarang? Apa saja ketentuan yang mesti diacuhkan di dalamnya?

Permainan sepak bola yang ketika ini dimainkan ialah sepak bola canggih yang sudah mengekor peraturan-peraturan resmi. Para pemainnya dituntut untuk dapat mengetahui ketentuan dan dapat menguasai kiat bermain sepak bola dengan handal agar dapat bermain dengan baik.

Sejarah sepak bola secara lengkap dipecah menjadi dua bagian. Yaitu sejarah sepak bola kuno, dan sejarah sepak bola modern. Berikut penjelasannya:

Sejarah Sepak Bola Kuno


Sejarah Sepak Bola Kuno Tiongkok

Sejarah sepak bola kuno dibuka di suatu negara yang mempunyai nama China. Dimana lebih tepatnya saat tersebut sedang sedang di masa Dinasti Han. Yaitu pada selama abad kedua atau ketiga sebelum penanggalan masehi.

Permainan sepak bola yang terdapat di zaman tersebut menggunakan bola kulit, dan guna memasukkan bolanya ke gawang juga sangatlah sulit, sebab gawangnya tercipta dari jaring yang kecil.

Olahraga sepak bola ini dihadirkan oleh orang-orang pada masa itu supaya para tentara China tetap terlatih fisiknya. Sekaligus sebagai hiburan saat ada perayaan ulang tahun kaisar.

Adapun permainan sepakbola yang terdapat pada masa tersebut disebut sebagai tsu chu.

Selanjutnya, masih dalam sejarah sepak bola kuno, di samping tenar di China, ternyata permainan sepak bola pun menjadi di antara permainan kesayangan dari penduduk Jepang. Dimana permainan itu dimainkan dengan teknik menggiring bola yang tercipta dari kulit kijang dan dinamakan sebagai “kemari”.

Sejarah Sepak Bola Kuno di Jepang

Sejarah Sepak Bola Kuno di Jepang
Permaianan sepak bola semacam ini kemudian ditemukan pun di negara laksana Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah hingga ke Mesir Kuno yang telah memainkan sepak bola dengan menggunakan bola yang tercipta dari karet.

Kemudian terdapat peristiwa yang unik dari sejarah sepak bola kuno. Yaitu pada masa Raja Edward di Inggris, sempat hadir pelarangan terhadap permainan sepak bola ini sebab begitu banyaknya perbuatan kekerasan yang mengarah pada perbuatan brutal sebab tidak mempunyai aturan yang begitu jelas.

Akan tetapi, pada tahun 1369 Raja Edward III lalu menarik keluar larangan itu dan kembali memperbolehkan permainan sepak bola.

Raja Edward III

Namun lambat laun, permainan sepak bola ini pulang lagi mendapat larangan oleh ratu Elizabeth I di tahun 1572.

Pelarangan itu dikeluarkan tanpa adanya kompromi dengan memutuskan sanksi keras yang barang siapa memainkan sepak bola, maka bakal dihukum penjara.

Sampai kesudahannya angin segar berhembus pada akhir tahun 1680-an. Raja Charless II segera menarik keluar larangan tersebut, sekaligus menyerahkan perlindungan untuk siapapun yang hendak memainkan sepak bola di Inggris.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah sepak bola modern

Sejarah sepak bola modern dibuka di Inggris. Ditandai dari berdirinya suatu organisasi asosiasi sepak bola melewati pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang terdapat di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris).

Dalam pertemuan ini diputuskan seri ketentuan tunggal permainan sepak bola. Kemudian, ketentuan tersebut dibuntuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya, keempat asosiasi itu akan menyusun International Football Association Board (IFAB) guna dapat mengkoordinasi ketentuan sepak bola dunia.

Sejalan dengan pertumbuhan dan peradaban sepak bola dunia, maka didirikanlah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904.

Sebuah pertemuan yang digagas oleh dua figur sepak bola yakni Henry Delaunay dan Jules Rimet itu dihadiri oleh 7 negara yakni Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan belanda.

Negara-negara itu lalu diputuskan sebagai anggota FIFA kesatu yang diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis.

Kejuaraan sepak bola yang terdapat pada masa tersebut masih termasuk dalam lingkup olimpiade, tetapi kenggotaannya terus bertambah.

Berikut ini susunan peristiwa urgen perjalanan sejarah sepak bola canggih menurut tahun:


  1. Tahun 1863, terbentuknya Asosiasi Sepak Bola Inggris.
  2. Tahun 1885, diselenggarakannya pertandingan di luar distrik Inggris, yakni Kanada melawan Amerika.
  3. Tahun 1886, diadaannya rapat kesatu kali dengan agenda membicarakan pembentukan organisasi yakni Asosiasi Sepak Bola Dunia.
  4. Tahun 1888, diputuskan aturan bahwa wasit telah mulai memegang sarat kendali dalam pertandingan.
  5. Tahun 1904, FIFA terbentuk di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Prancis.
  6. Tahun 1904, kesudahannya FIFA berdiri dengan destinasi untuk dapat memajukan sepak bola dunia dengan berslogan “For The Game, For The World” yang berarti permainan sepak bola bakal menjadi suatu pemersatu antar bangsa setelah perang dunia. Markas FIFA beralamat di Zurich, Swiss yang adalahtempat guna menyaksikan pekerjaan yang dilakukan oleh FIFA, contohnya pengundian liga champion, pemberian gelar pemain terbaik dan lain-lain. Adapun tugas yang diemban oleh FIFA ialah mempromosikan sepak bola, mengerjakan pengaturan transfer pemain dari kesebelasan ke kesebelasan yang lain, menyimpulkan gelar pemain terbaik dunia, dan mempublikasikan susunan peringkat dunia FIFA pada masing-masing bulannya.
Sejarah sepak bola dunia


Sejarah sepak bola dunia

Perkembangan sepak bola di dunia terus berlanjut, sampai pada tahun 1908 permainan sepak bola dimasukkan ke dalam Olimpiade dan menyelenggarakan pekerjaan kejuaraan dunia kesatu guna permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada tahun 1930-an.

Ada urusan yang menarik di luar dari teknis permainan sepak bola yang harus dicatat, yakni adanya keberhasilan BBC yang menjadi stasiun televisi kesatu yang sukses menayangkan permainan sepak bola di tahun 1938, dan pada tahun 1966 digunakannya fitur replay dalam masing-masing gol yang terjadi di siaran televisi.

Permainan sepak bola, sepanjang sejarah sepak bola memang adalahsarana hiburan yang paling tidak sedikit digemari oleh tidak sedikit orang di dunia. Hal berikut yang menciptakan FIFA kemudian memperlebarkan sayap dengan membentuk sejumlah badan asosiasi regional yang terdiri dari sejumlah negara inilah ini ini:

UEFA (Union of European Football Associations) yang adalahsuatu kumpulan atau asosiasi sepak bola merangkum negara-negara Eropa.
CONCACAF (The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football) yang adalahsebuah kumpulan atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara yang terdapat di Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Utara,
CONMEBO (Confederacion Sudamericana de Futbol) yang adalahsuatu kumpulan atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara di Asia.
CAF (Confederation of African Football) yang merupakan kumpulan atau asosiasi sepak bola guna menaungi negara-negara yang terdapat di Benua Afrika.
OFC (Oceania Football Confederation) yang adalahasosiasi sepak bola yang menaungi Negara Oceania.
Itulah perjalanan sejarah sepak bola dunia. Akan terasa tidak lengkap bila kita sudah membicarakan sejarah sepak bola dunia tetapi tidak membicarakan sejarah sepak bola Indonesia.

Oleh sebab itu, sebagai orang Indonesia terdapat baiknya kita pun mengetahui laksana apa sejarah sepak bola Indonesia?

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah sepak bola indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia pastinya tidak lepas dari peran bangsa beda yang sudah mengerjakan penjajahan atau perniagaan di distrik Indonesia.

Pertama kali, dalam sejarah sepak bola Indonesia bahwa Cina-lah yang sudah mengenalkan permainan sepak bola untuk Indonesia untuk mengindikasikan bahwa negeri tirai bambu Cina pun tidak kalah superior dikomparasikan negara-negara yang terdapat di Eropa laksana Belanda.

Sehingga di samping punya kemauan untuk mengerjakan perdagangan, Cina pun mempunyai andil yang begitu besar dalam sejarah sepak bola Sndonesia.

Sudah terdaftar bahwa pada tahun 1915, sudah terdapat tidak sedikit klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh penduduk Tionghoa, bahkan di tahun 1920 ada klub laksana UMS Jakarta dan Surabaya yang sudah menjadi klub terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda (nama Indonesia tempo dulu).

Kehebatan Indonesia pada masa tersebut ternyata telah sampai pernah ikut dalam kancah piala dunia tahun 1938.

Dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia, terdapat sejumlah peristiwa yang urgen untuk dicatat, yakni berdirinya asosiasi sepak bola Indonesia yang bertugas guna menaungi klub sepak bola yang terdapat di Indonesia.

Orgaisasi tersebut mempunyai nama PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang didirikan pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI berdiri sebelum keikutsertaan Indonesia dalam Piala Dunia tahun 1938 di Perancis.

Hal beda yang perlu disalin dalam perjalanan sejarah sepak bola Andonesia ialah pernah terjadinya bentrokan antara PSSI dan NIVU untuk menyimpulkan siapa yang berhak ikut ke pertandingan Piala Dunia di Perancis.

Pada waktu tersebut Soeratin Sosrosoegondo mengharapkan pertandingan antara PSSI dengan NIVB. Akan namun FIFA langsung mengakui badan kerjasama PSSI dan NIVU sampai-sampai nama yang diangkut ke Perancis bukanlah Indonesia, tetapi Hindia Belanda.

Dalam sejarah sepak bola Indonesia pun ada tokoh yang menjadi sosok urgen dibalik hadirnya PSSI, yakni Soeratin Sosrosoegondo yang adalahseorang anak asli yang sudah mengekor pendidikan di Sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman.

Beliau bercita-cita guna mewujudkan Sumpah Pemuda sebagaimana yang dilaksanakan pada tanggal 28 oktober 1928. Berdasarkan keterangan dari beliau, sepak bola ialah cara yang paling tepat untuk menambah semangat rasa nasionalisme pemuda guna melawan penjajahan Belanda.

Kemudian Soeratin Sosrosoegondo jugalah yang menyimpulkan hubungan dengan NIVU secara sepihak dalam kongres yang diselenggarakan di Solo pada tahun 1938. Pemutusan hubungan ini adalahimbas dari kekesalan beliau sebab pada masing-masing keikutsertaan dalam pertandingan sepak bola, ternyata selalu menggunakan bendera NIVU atau Belanda.

Masuknya balatentara Jepang ke Indonesia mengakibatkan PSSI pasif dalam berkompetisi, sebab Jepang memasukkan PSSI sebagai unsur dari Tai Iku Kai, yakni badan keolahragaan produksi Jepang.

Kemudian masuk pula menjadi unsur dari Gelora (1944) dan baru lepas otonom pulang dalam kongres PORI III di Yogyakarta (1949).

Setelah wafatnya Soeratin Sosrosoegondo, prestasi kesebelasan nasional sepak bola Indonesia tidak terlampau memuaskan sebab pembinaan kesebelasan nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.

Pada era sebelum tahun 1970-an, sejumlah pemain Indonesia sempat berlomba dalam persaingan internasional yang di antaranya ialah Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw.

Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas persaingan sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua guna pemain non amatir, serta Divisi Tiga guna pemain amatir.

Di samping itu, PSSI pun aktif mengembangkan persaingan sepak bola perempuan dan persaingan dalam kumpulan umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23).

Sayangnya sejarah panjang sepak bola di Indonesia belum dapat untuk merubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Butuh manajemen bola dan tekad yang tinggi guna merubah sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Nah, laksana itulah sejarah sepak bola dunia dan sejarah sepak bola Indonesia.

Kalau kita menyaksikan dengan seksama, perjalanan sejarah sepak bola memang menempuh jalan yang paling panjang. Sepak bola pun sudah menjadi pekerjaan yang terkenal sampai saat ini dan mempunyai penggemar dari kalangan manapun.

Hanya saja permainan sepak bola adalahpermainan yang keras sebab harus mengerjakan kontak jasmani terhadap pemain lainnya, sampai-sampai ditetapkanlah sejumlah peraturan sepak bola yang dapat mengayomi para pemain supaya terhindar dari cedera dan kesengajaan mencelakai.

Tak tanggung-tanggung hukumannya, tergantung dari tingkat kesalahannya, dari denda hingga larangan bermain.

Hari ini, sepak bola di Indonesia harus bangkit, mengerjakan proses regenerasi pemain profesional sampai-sampai dapat bertarung di kancah dunia.

Demikianlah tulisan sejarah sepak bola dunia dan sejarah sepak bola Indonesia ini, semoga dapat berfungsi dalam meningkatkan pengetahuan semua pecinta sepak bola.

Salam olahraga!

3 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    BalasHapus